Bondan Eko Blog's

Belajar dan belajar adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam mengarungi kehidupan ini..Semangat..

Perawatan cartridge printer sebenarnya untuk orang awam pun (termasuk saya) bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja butuh sedikit kesabaran dan pengetahuan tentang cartridge dari merk printer yang digunakan. Tip ini hanya menjelaskan perawatan bagi cartridge untuk printer merk Hewlett Packard jenis Deskjet berdasarkan pengalaman penulis.

Berikut ini masalah yang sering muncul pada cartridge HP dan cara mengatasinya, diantaranya :

#1. Masalah :

Tinta tidak keluar atau print head buntu (sering terjadi pada cartridge warna)

Penyebab :
Karena cartridge atau printer jarang digunakan atau suhu di ruangan yang memang menyebabkan print head menjadi kering.
Karena terdapat satu atau lebih spon yang berada di dalam cartridge mengandung buih, biasanya terjadi pada saat mengisi tinta yang mengandung gelembung udara.

Solusi :
1. Rendam permukaan print head cartridge di dalam air panas kurang lebih 2 menit. Setelah itu bersihkan permukaan print head dengan tissue.

Gambar. print head cartridge warna jika dibersihkan dengan tissue seharusnya menampilkan 3 warna seperti diatas.
2. Jika cara diatas masih belum keluar juga, gunakan (kalau belum punya silahkan beli) toolkit penyedot tinta yang dikemas dalam kemasan tinta isi ulang Merek INKTEC seperti gambar dibawah ini.



3. Hindari gelembung udara pada saat mengisi tinta dengan membuang beberapa ml tinta dari suntikan tinta isi ulang.
4. Jika printer atau cartridge tidak digunakan dalam waktu yang lama sebaiknya lepas cartridge dan masukkan ke dalam plastik klip.

#2. Masalah :

Ketika selesai mengisi tinta kemudian cartridge dipasang kembali, lampu printer berkedip ( blink )

Penyebab :
a. Umumnya pengguna yang benar-benar awam pada saat mengisi tinta bisa jadi berceceran hingga mengenai titik-titik konektor dari cartridge dan ketika dipasang kembali ceceran tinta juga mengenai notch pada sandaran cartridge. Seperti gambar berikut :

b. Cartridge telah di Set Low Ink oleh printer dan tidak bisa digunakan lagi.

Solusi :
1. Bersihkan permukaan notch sandaran cartridge dan notch pada cartridge dengan tissue.
2. Coba melepas salah satu cartridge warna atau hitam, jika salah satu cartridge dilepas dan lampu printer sudah tidak diberkedip bisa dipastikan cartridge tersebut yang menjadi sumber masalah.
3. Jika masih ngeBlink coba bersihkan dengan alcohol 70% atau gunakan cairan contact cleaner khusus alat-alat elektronik ( bisa di beli di toko-toko elektronik ).


#3 Masalah :

Printer selalu menampilkan pesan Low Ink padahal tinta sudah diisi ulang

Penyebab :

Cartridge telah di Set Low Ink oleh printer dan tidak bisa digunakan lagi. Patut diingat dalam buku manual printer HP produsennya menganjurkan untuk membeli cartridge yang baru jika tinta cartridge bawaan printer sudah habis ( hmm….lagi2x uang).

Solusi :
1. Install ulang driver printer dengan menghapus terlebih dahulu driver printer sebelumnya secara tuntas.
2. Jika masih berkedip reset ulang cartridge ( bisa dicari di om google atau tunggu postingan artikel di blog ini tentang bahasan tsb ).
3. Solusi terakhir untuk masalah-masalah diatas jika tidak berhasil, disarankan segera membeli cartridge baru bagi anda yang punya anggaran khusus sedangkan bagi yang ingin bereksperimen silahkan tunggu artikel dari saya tentang trik menangani masalah print head buntu. Demikian pembahasan tip perawatan cartridge HP. Mudahan-mudahan bermanfaat.
Artikel ini saya ambil dari : http://rooroh.info/2009/09/..thakns n salam kenal Bangk..Artikel anda benar-benar bermanfaat.

3 komentar:

Wah bagus nih..ntar saya coba dech..

Thanks ilmunya bro...

farha's bonekmania mengatakan... 12 Januari 2010 pukul 14.38  

Mantap dech belajarnya..bikin senang gue..tinggal pungut...

Posting Komentar

Saran dan Kritiknya yang membangun ya Friend..