Bondan Eko Blog's

Belajar dan belajar adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam mengarungi kehidupan ini..Semangat..

Di posting kali ini saya akan memberikan prosedur atau cara menggunakan perintah PING.



Berikut prosedur penggunaan perintah PING pada system/jaringan yang bermasalah:
1) Ping 127.0.0.1, alamat ip 127.0.0.1 dikenal juga sebagai alamat loopback. Alamat ini digunakan untuk mengirim pesan ke dirinya sendiri. Jika anda bias mem-ping alamat loopback itu, berarti TCP/IP terinstalasi, tapi konfigurasinya belum benar. Jika anda tidak bias mem-ping alamat loopback, maka itu berita buruk. Entah bagaimana konfigurasi TCP/IP berantakan atau TCP/IP crash. Coba restart system, dan jalankan perintah ini lagi.
2) Ping alamat IP anda. Jika ping berhasil, berarti alamat IP anda sudah terhubung dengan benar ke kartu jaringan. Jika tidak berarti ada masalah pada pada kartu jaringan. Sekali lagi, coba restart system anda,jika itu tidak menyelesaikan masalah, jalankan ifconifg/ipconfig dan cek apakah kartu jaringan dalam keadaan aktif dan operasional. Jika tidak konfigurasi ulang kartu jaringan.
3) Ping nama computer anda. Jika perintah tidak berhasil, berarti ada masalah pada konfigurasi DNS server. Sebagian user jaringan kecil menggunakan DNS server ISP, yang berarti DNS tidak berfungsi ketika jaringan tidak terhubung ke internet. Untuk memperbaiki masalah ini, pastikan file host berisi semua alamat IP, nama host, dan alias yang digunakan pada jaringan. Pastikan tidak ada error pada file. Jika anda menjalankan DNS server, pastikan server berfungsi dengan baik. Restart DNS server dan coba lagi perintah ini.
4) Ping alamat IP computer lain, sekarang coba hubungi computer lain pada jaringan dengan mengetik alamat IP mereka, satu per satu. Apakah anda hanya bias mengakses sebagian computer? Masalah ini bias disebabkan karena jeleknya koneksi. Kemungkinan lain, ada dua computer pada jaringan yang menggunakan alamat IP yang sama. Cek konfigurasi computer yang tidak bisa anda akses dan pastikan alamat IP-nya tidak sama.
5) Ping nama computer lain. Ulangi langkah sebelumnya, tapi gunakan nama komputernya. Jika tidak berhasil, liha file host dan pastikan nama computer dan alamat IP sudah sesuai. Cek juga file hosts computer yang lain untuk memastikan semuanya sama. Jika jaringan terdiri dari banyak computer, gunakan saja DNS server supaya anda tidak perlu mengatur file hosts secara manual.
6) Ping alamat IP gateway. Ping alamat perangkat gateway yang digunakan untuk terhubung ke internet. Jika tidak berhasil, maka disitulah letak permasalahannya. Coba restart pernagkat dan cek lagi koneksinya.
7) Ping alamat IP DNS server. Gunakan alamat IP DNS server . ISP anda, jika tidak berhasil, laporkan ke ISP anda.
8) Ping situs di internet, gunakan nama beberapa situs popular seperti www.bekas.com atau www.google.com. Karena anda sudah berhasikl mem-ping alamat gateway dan DNS server, maka perintah akan diteruskan ke DNS server ISP anda, lalu kesitus yang dituju. Jika situs hanya bisa diakses dengan alamat IP, berrati masalah terletak pada DNS server ISP( atau DNS server local, jika anda menjalankannya).
Semoga postigan ini selalu bisa saya ingat dan berguna bagi kita semua.
Sumber : Majalah PC Media edisi 01/2010

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritiknya yang membangun ya Friend..